Dorong Kemandirian Ekonomi, Gubernur Mahyeldi Bantu Ponpes Andalusia Bibit Ikan

Ekonomi44 Dilihat

Solok Selatan, Ranahnews – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah serahkan bantuan bibit ikan untuk Pondok Pesantren (Ponpes) Andalusia, Batu Bajarang, Nagari Luak Kapau Kec. Pauh Duo, Kabupaten Solok Selatan, Sabtu (10/02/2024).

Mahyeldi menyebut, bantuan tersebut merupakan bagian dari upaya Pemprov Sumbar untuk mendorong kemandirian ekonomi masyarakat, khususnya warga pesantren di Sumbar.

“Bantuan bibit ikan yang kita berikan untuk Ponpes Andalusia ini berjenis ikan nila dengan jumlah sebanyak 10.000 ekor. Kita berharap, ini dapat memperkuat ekonomi Ponpes kedepan,” ungkap Gubernur Mahyeldi usai penyerahan bantuan bibit.

Tidak hanya diserahkan, bibit ikan nila itu juga langsung dilepaskan Gubernur di area kolam milik Ponpes Andalusia. Menurut Gubernur Mahyeldi, Nagari Luak Kapau sangat cocok dijadikan lokasi budidaya ikan air tawar, sebab sumber airnya banyak dan jernih.

“Daerah ini sangat cocok untuk lokasi budidaya ikan air tawar karena produksi airnya bagus dan jernih sehingga pertumbuhan ikannya bisa lebih cepat,” ucap Mahyeldi.

Sementara itu, Pimpinan Pondok Pesantren Andalusia, As’ari Khatib Manjoalam menyatakan pihaknya telah lama berkeinginan untuk memiliki bidang usaha. Namun karena keterbatasan modal hingga saat ini masih urung dilakukan.

“Kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada bapak gubernur, akhirnya niatan kami yang telah lama tertunda dapat terwujud berkat bantuan beliau,” ungkap As’ari.

Lebih lanjut As’ari juga memuji respon cepat Gubernur terhadap usulan untuk penguatan ekonomi masyarakatnya.

“Baru beberapa waktu yang lalu kami usulkan, Alhamdulillah langsung ada tindak lanjutnya dari beliau,” tukuk As’ari.

Ia optimis, bantuan ini akan dapat dikembangkannya sebagai penguat ekonomi Ponpes Andalusia kedepan. Sehingga pembiayaan operasional Ponpes tidak lagi bergantung dari para donatur dan para santri. (adpsb/cen/busan)

Komentar