Bakri Maulana: Kepedulian Terhadap Anak Yatim Harus Menjadi Prioritas

Politik500 Dilihat

Padang, Ranahnews – Sama dengan anak-anak lain, anak yatim piatu juga memiliki kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari yang harus dipenuhi. Banyak di antara mereka kurang beruntung karena tak memiliki pihak-pihak yang memberi dukungan.

Hal tersebut disampaikan Bacalon Bupati Pesisir Selatan tahun 2024 Bakri Maulana SE, MP saat menghadiri peresmian Minang Expres Pengambiran, Sabtu 4 Mei 2024 di Padang, Sumatera Barat.

Bakri menyebutkan, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam sangat menganjurkan umatnya untuk terus memuliakan anak Yatim. Dalam hadis juga disebutkan bahwa orang yang mengasihani dan merawat anak yatim kedudukannya dekat dengan Rasulullah SAW di surga, seperti dekatnya jari telunjuk jari tengah.

“Banyak keistimewaan dalam Islam untuk kita selalu menyatuni anak Yatim, dan semua itu sudah jelas ada dalam Alqurna dan Sunnah Nabi Muhammad SAW, jadi tidak ada alasan bagi kita untuk tidak peduli kepada anak Yatim, ” ujar Bakri.

Dia mengatakan, berkaitan dengan pencalonannya menjadi Bupati Pesisir Selatan, anak Yatim akan menjadi skala prioritas dalam memberikan perhatian, Pendidikan dan menjamin anak Yatim setara dengan anak-anak lainnya yang masih mempunyai orang tua.

“InsyaAllah anak Yatim akan menjadi prioritas bagi pemerintah daerah nantinnya jika Amanah menjadi Pemipin Pessel ini dititipkan pada kita,” sebut Bakri.

Selanjutnya Bakri menyebutkan, sebenarnya ada beberapa cara yang dapat dilakukan terkait dengan kepedulian terhadap anak Yatim. Seperti kotak infak yang ada di masjid dan tempat-tempat lainya.

“Nah, hal yang paling diperhatikan itu adalah proses penyalurannya. Infak yang terkumpul jangan sampai mengendap lama, harus segera diberikan, misalnya 1 x dalam satu bulan, mungkin itu lebih efektif,” sebut Putra Asli Batang Kapas tersebut.

Selanjutnya ia juga menghimbau kepada semua pihak untuk dapat bersama-sama memberikan santunan kepada anak Yatim. Selain dianjurkan dalam Islam, tentu secara kemanusiaan ini akan sangat bermanfaat. (fy)

Komentar